Menilik Perkembangan Islam Di Peru

Menilik Perkembangan Islam Di Peru

Menilik Perkembangan Islam Di Peru – Republik Peru atau yang sering disebut Peru merupakan salah satu negara di Amerika Selatan yang berada di bagian barat berbatasan dengan Samudra Pasifik. Peru merupakan salah satu negara yang kaya akan buudaya antropologinya. Hal ini tercermin dari adanya berbagai pemeluk agama yang berbeda-beda di Peru.

Crp-conferperu – Ada beragam pemeluk agama yang bisa kita temui di Peru, tidak terkecuali agama Islam. Meskipun mayoritas penduduk Peru memeluk agama Katolik, tetapi hal ini tidak menimbulkan sebuah perpecahan. Bahkan penduduk Peru hidup berdampingan dengan damai dengan masing-masing agam yang mereka anut. Islam pertama kali diperkenalkan di Peru oleh bangsa Moor dari Spanyol yang saat itu melarikan diri sebab mendapat penyiksaan. Sempat “menghilang”, islam kembali dikenal melalui eksodus muslim Palestina dan Lebanon.sejak itu islam di Peru terus berkembang hingga hari ini, bahkan umat muslim di Peru termasuk salah satu yang menjadi banyak panutan umat muslim di berbagai belahan dunia.

Dakwah islam di negara Peru berkembang dengan pesat. Walau jumlahnya masih kecil jika dibandingkan dengan negara bagian Amerika Selatan lainnya seperti Brasil, tetapi perkembangan islam di Peru termasuk yang paling cepat dan Peru berhasil menjadi contoh baik dalam kehidupan social masyarakat muslimin. jumlah umat muslim yang terus bertambah tidak hanya berlangsung di kota-kota besar tetapi juga pedesaan daerah setempat. Umat islam di Peru juga ikut menyumbang beberapa bangunan indah yang kental dengan islam.

Menilik Perkembangan Islam Di Peru

Sejak peristiwa 11 September yang meninggalkan banyak luka bagi seluruh umat tidak menggoyahkan keyakinan umat Islam di Peru. Justru, sejak kejadian ini jumlah mualaf terus bertambah di Peru meskipun tidak bisa ditampik sempat terdapat kecurigaan terhadap umat muslim di Peru kaitannya dengan peristiwa 11 September, tetapi secara umum hingga saat ini tidak ada permasalahan terkait kehidupan beragama di Peru apalagi Pemerintah Peru telah membebaskan semua penduduknya untuk menganut apapun agama pilihan mereka dan cara menjalankannya selama tidak membuat kekacauan. Tidak hanya itu, pemerintah setempat juga memperbolehkan sekolah untuk mengelola sekolah yang berbasis agama bagi tiap komunitas agama, seperti salah satu contohnya murid muslin yang bersekolah di sekolah dengan basis agama selain Islam dibebaskan untuk membuat program pembelajaran sesuai dengan agama yang dianut yaitu islam.

Peru juga dikenal sebagai tempat ramah untuk para muslim. Beberapa hotel di Peru seperti hotel Sonesta di Peru yang menyediakan makanan halal bagi para umat muslim. Selain itu, hotel ini juga menyediakan layanan sahur dan buka puasa selama bulan ramadhan. Di hotek ini setiap kamarnya juga diberi tanda panah untuk menunjukan arah kiblat bagi umat muslim yang ingin beribadah di dalam kamar. Tidak hanya hotel,berbagai bangunan seperti masjid terkenal dan indah mempemudah bagi muslim untuk menemukan tempat ibadah.

Baca juga : Kehidupan Damai Umat Beragama di Peru

Memang tidak bisa ditampik bahwa disuatu negara pastilah ada agama yang menduduki sebagai mayoritas dan minoritas. Peru contohnya, mayoritas penduduknya beragama Katolik dan agam Islam termasuk agama minoritas di Peru, tetapi hal ini tidak serta merta membuat sebuah perbedaan yang dapat memancing sebuah polemic negara. Peru berhasil menunjukan ke mata dunia bahwa perbedaan agama bukanlah suatu hal yang harus diperdebatkan. Warga negara Peru hingga hari ini bisa hidup dengan damai dan tenang tanpa ada paksaan dalam hal memeluk agama.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *